Manfaat & Bahaya Minum Kopi

Beberapa Manfaat minum kopi untuk kesehatan :

1. Melindungi jantung dan mencegah stroke
Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menahan efek buruk peradangan pada arteri. Dan para peminum kopi hitam sebanyak 1-2 gelas perhari memiliki risiko stroke yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

2. Mengurangi resiko diabetes
Menurut sebuah penelitian yang dihajat American Journal of Clinical Nutrition, kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan zat dalam kopi, menurut mereka, dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah, dan karenanya, diabetes pun enyah. Dalam studi-studi yang lainnya terkait hubungan antara kopi dan diabetes juga ditemukan bahwa meminum kopi sebelum makan atau ketika perut dalam keadaan kosong bisa berguna menurunkan kadar gula darah turun naik sampai dengan 50%.

3. Menjaga kesehatan hati
Berdasarkan pada satu analisa dari sembilan buah penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hati sebanyak 43%.

4. Meningkatkan kekuatan otak
Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

5. Membantu menghilangkan sakit kepala
Penelitian membuktikan, 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain.

6. Membantu proses pembakaran lemak
Para peneliti dari Australian Institute of Sport, seperti disebutkan dalam Good Health, menemukan bahwa satu cangkir kopi dapat memicu otot untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi, ketimbang karbohidrat. Fakta lain, menurut Dr. Michael Colgan, penulis Optimum Sports Nutrition, seperti dirilis Live Strong, pembakaran lemak dapat meningkat hingga 100 persen bila mengonsumsi kafein sebelum olahraga.

7. Membuat daya tahan lebih baik
Para peneliti juga menjumpai bahwa pesepeda yang dibolehkan menyesap kopi saat sedang mengayuh sepeda, mampu berjalan lebih jauh ketimbang yang hanya minum air. Penelitian dari Inggris menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot kaki.

8. Mencegah kanker kulit

Beberapa manfaat kopi untuk kecantikan :

1. Menetralkan kulit yang teriritasi
2. Memberi nutrisi dalam kulit
3. Menghilangkan bekas jerawat, plek, dan noda hitam pada wajah
4. Mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki jaringan kulit rusak.
5. menghilangkan bau badan

Cara pemakaiannya bermacam-macam ada yang buat masker, scrub, atau dicampur dengan bahan lain.

Bahaya Kopi :

Bila kopi dimunum secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

1. Mengurangi kesuburan wanita
Kalau anda minum kopi terlalu banyak itu akan bisa menganggu kesuburan anda para wanita, terlebih jika dibarengi dengan konsumsi alkohol. Hal itu berdasarkan Reader’s Digest edisi Desember 1994 yang mengutip laporan penelitian yang di biayai The USA National Institute of Child Health and Human Development dan The US Institute on Drug Abuse, disebutkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi kafein sebesar 300 mg perharinya memiliki kesempatan hamil lebih rendah sebesar 27% dibanding mereka yang terbebas dari kafein.

2. Meningkatkan resiko penyakit jantung
Berdasarkan kepada journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 disebutkan bahwa minum kopi 5 gelas perhari dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat menyebabkan penyempitan lubang pembuluh darah akibat dari endapan lemak dan akhirnya berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke.

3. Berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi
Penderita hipertensi bisa dalam bahaya karena senyawa kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dengan tajam.

4. Bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil dan gangguan pada bayi saat lahir
Berdasarkan penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, mengungkapkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi sebanyak 100 mg kafein setiap harinya akan lebih mudah mengalami keguguran.
Sedangkan berdasarkan Penelitian rumah sakit Christchurch, Selandia baru mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami kecanduan terhadap kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas saat dilahirkan, selain itu kandungan kafein juga membuat bayi lemah, mudah terserang infeksi, sehingga resiko kematian pada bayi bisa meningkat sebesar dua kali lipat.

5. Kafein bisa menyebabkan keropos tulang
Efek ini sebagian besar ditemukan pada wanita yang memasuki masa menopause dengan konsumsi kafein tinggi. Sebagian besar penelitian menemukan konsumsi kafein yang tidak berlebihan tidak mengakibatkan pengeroposan tulang.

6. Kafein bisa menyebabkan insomnia, mudah gugup,sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah

7. Kebiasaan minum kopi panas-panas juga bisa menyebabkan resiko terkena kanker esofagus

8. Kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung
Jadi, bagi penderita maag sebaiknya sebisa mungkin hindari mengonsumsi kopi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s