Menghapus virus yang sudah menginfeksi flashdisk

Biasanya, jenis virus yang menjamur, terutama di rental komputer dan warung internet adalah virus yang membuat autorun.inf di flashdisk korban sehingga bila flashdisk tersebut digunakan pada komputer yang sistem autoplay nya masih aktif, virus akan langsung aktif dan menginfeksi komputer. Berikut ini beberapa ciri jika flashdisk terinfeksi virus jenis ini:

Terdapat file autorun.inf
Terdapat banyak file dengan tipe shortcut, yang memiliki nama yang sama dengan isi file asli flashdisk. File berjenis shortcut ini menduplikasi file asli kita, sekaligus menyembunyikan file asli kita.
Terdapat folder Recycler, yang disembunyikan (hidden) yang berisi virus induk

Bila flashdisk CFS’er mengalami ciri-ciri tersebut, tidak usah panik. Lakukan langkah berikut untuk menghapus virus tersebut dari flashdisk CFS’er:

Tampilkan dulu hidden folder dan file. Langkah yang dilakukan adalah buka My Computer–>tools–>Folder Options–>buka tab View, lalu pilih Show hidden files and folders dan non aktifkan checklist pada Hide protected operating system files (Recommended), lalu klik OK
Buka flashdisk melalui Windows Explorer, JANGAN dengan double-click icon flashdisk di My Computer karena hal ini dapat mengaktifkan virus.
Hapus seluruh file dengan type shortcut yang ada di flashdisk tersebut. Untuk menghindari kesalahan penghapusan, ubah View pada Windows Explorer menjadi Details, jika belum.
Cari file autorun.inf pada flashdisk, lalu hapus.
Cari folder dengan nama Recycler, lalu hapus folder tersebut beserta seluruh file yang ada di dalamnya.
Flashdisk anda akan kembali bersih dari virus

Kadangkala, setelah melakukan keenam langkah tersebut dilakukan, file asli di flashdisk tersebut akan tersembunyi dan attribute Hidden yang melekat pada file tersebut tidak dapat dihilangkan dengan cara biasa (Properties). Maka, bila ingin mengembalikan file asli yang tersembunyi di flashdisk, lakukan hal berikut:

Buka Command Prompt, baik melalui accesories atau dengan membuka Run–> lalu ketik CMD–>enter
Masuk ke drive flashdisk, dengan mengetikkan huruf drive flashdisk:, Contoh: drive flashdisk anda F, maka ketikkan F:
Lalu pada command prompt tersebut ketik attrib -r -a -s -h *.* . Contoh: F:\>attrib -r -a -s -h *.*
Tunggu hingga proses selesai

Dengan melakukan hal tersebut, flashdisk CFS’er akan kembali bersih dari virus. Bila virus sudah terlanjur menginfeksi komputer, maka pada pos selanjutnya akan dibahas mengenai cara menghapus virus di komputer tanpa antivirus. – See more at: http://computerfunstuff.blogspot.com/2013/02/menghapus-virus-komputer-tanpa.html#sthash.Cx6dnENn.dpuf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s