Berbahaya Untuk Tubuh, Jangan Tidur Setelah Sahur

CITY DIRECTORY – Menjalankan ibadah puasa telah dibuktikan oleh beberapa penelitian dapat meningkatkan kesehatan tubuh, namun kebiasaan – kebiasaan yang kurang tepat masih banyak dilakukan pada bulan nan suci ini.

Beberapa kebiasan-kebiasan kurang tepat tersebut dapat berdampak buruk dan berbahaya bagi kesehatan. Agar puasa kita berjalan lancar dan bermanfaat untuk tubuh, seperti dilansir dari Liputan6.com, berikut ini beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari :

Langsung Beranjak Tidur Setelah Sahur

Setelah selesai makan sahur, hindari untuk langsung beranjak tidur, setelah menunaikan ibadah salat subuh. Jika hendak tidur usahakan minimal 1 jam dari waktu selesai sahur. Hal ini untuk mencegah naiknya asam lambung, demikian dijelaskan oleh Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI.

Jika memang ingin tidur beberapa menit setelah sahur, gunakanlah bantal tinggi, untuk menahan asam lambung dalam tubuh naik.

Melupakan Konsumsi Air Putih Dan Serat

Ketika berbuka puasa seringkali minuman es menjadi pilihan pelepas dahaga, padahal selama berpuasa lebih dari 12 jam tubuh kurang asupan air mineral atau makanan berserat lainnya.

Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, menuturkan, ketika seseorang kurang dalam mengonsumsi air dan kurang serat, akan membuat orang tersebut susah BAB, dan itu sangat berbahaya.
Sangat dianjurkan untuk memperbanyak asupan air mineral dan sayur mayor serta buah-buahan diwaktu sahur dan berbuka.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gorengan

Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan ketika berbuka akan merangsang tenggorokan menjadi sensitif, yang berujung pada radang tenggorokan, ketika mengkonsumsi gorengan untuk berbuka puasa maka cukup satu buah saja.

Menjalani Olahraga Berat

Hindari melakukan olahraga berat selama menjalankan ibadah puasa, karena cadangan cairan selama berpuasa berkurang drastis. Dehidrasi bisa menyerang bila memilih olahraga yang tergolong berat, karena keringat yang keluar pun akan terlalu banyak.

Menurut spesialis kedokteran olahraga, dr. Grace Tumbelaka, SpKO, sah-sah saja orang olahraga ketika berpuasa, asalkan dilakukan di ruang yang sejuk, agar tidak terlalu banyak berkeringat.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari selama menjalankan ibadah puasa, agar manfaat puasa dapat diperoleh secara maksimal.(Uty)

Sumber gambar : palembang.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s