Playstation 4 Diungkap

Pada tanggal 20 Februari tahun ini, Sony siap mengungkap mengenai platform game barunya ini, Playstation 4 atau PS4 yang menjadi rumor yang sedang ditunggu-tunggu para pecinta game dunia. Mereka akan mengungkapnya pada event yang disebut ‘see the future’. Berikut juga akan dijabarkan mengenai rumor-rumor yang telah ada sebelumnya pada Playstation 4 (PS4) ini.

SPESIFIKASI

Secara pribadi, perwakilan Sony mengatakan bahwa perusahaan telah membuat kesalahan dalam menciptakan arsitektur sebagaimana Playstation (PS3) sekarang, dan strategi terbaru untuk Playstation 4 (PS4) adalah lebih memberikan developer peluang, hal ini karena hardware lebih menyerupai PC dibandingkan hardware Playstation seperti PS3.

System Memory: 8 GB
Video Memory: 2.2 GB
CPU: 4x Dual-Core AMD64 “Bulldozer” (singkatnya, 8x cores)
GPU: AMD R10xx
Ports: 4x USB 3.0, 2x Ethernet
Drive: Blu-Ray
HDD: 160GB
Audio Output: HDMI & Optical 2.0, 5.1 & 7.1 channels

Dibandingkan dengan besarnya 1 game PS3 saja, HDD 160 GB ini pasti Anda perkirakan sangatlah kecil, apalagi untuk PS4. HDD disini adalah HDD yang digunakan oleh developer, bukan HDD yang akan dirilis pada platform PS4 sebenarnya. Mungkin pada platform sebenarnya nanti, akan jauh lebih besar.

Spesifikasi di atas adalah spesifikasi pada development kit PS4, bukanlah hasil akhir dari platform atau console itu sendiri. Jadi ada peluang yang sangat besar bahwa perubahan akan terjadi.

CONTROLLER

Trademark Playstation Sony ControllerAda sumber-sumber yang mengatakan bahwa PS4 akan dirilis bersamaan dengan desain ulang controller yang relatif berukuran sama dalam sebuah DualShock yang sudah ada, tetapi terdapat fitur touchpad kecil yang akan menggantikan Select, Start dan tombol PS. Teknologi ini didasarkan pada touchpad belakang Vita.

Sama seperti contoller sebelumnya, controller PS4 juga akan mampu mendeteksi pergerakan seperti pada PS3, hanya saja ia juga akan memiliki fitur tambahan ’tilt correction’. Juga akan ada fitur getar (vibration) bersama dengan lampu RGB LED.

Controller ini juga akan memiliki tombol Share dimana pada saat ditekan, akan menjalankan sebuah fitur baru yang akan memperbolehkan screenshot dan video untuk didistribusikan secara online. Hardware dis PS4 akan merekam sampai dengan 15 menit (katanya tidak akan berpengaruh terhadap kinerja), dimana pengguna kemudian akan dapat mengedit dan membagi-bagikannya di Internet.

Sumber ini juga dikatakan di video yang dibuat oleh Machinima, Video Entertainment Network untuk gamers. Berikut videonya.

ACCOUNT

Tidak seperti pada PS3, dimana pada saat Anda log in, Anda hanya dapat log in sebagai user tunggal atau single user. Kali ini sony berusaha menciptakan sebuah “multi-user simultaneous logins”. Hal ini berarti pada PS4, diperbolehkan login lebih dari 1 orang pada waktu yang sama. Account tidak akan “dikunci” pada contoller, tetapi setiap kali Anda menambahkan controller tambahan pada Anda diperlukan login ke account.

Salah satu aplikasinya adalah pada saat 4 pemain sedang dalam co-op battle dan berhasil mengalahkan bos, semua 4 pemain akan mendapatkan hadiah. Yang masih tidak jelas adalah apakah Anda dapat melakukan ini melalui PlayStation Network jika Anda bermain online, karena in masih dalam account lokal pada console.

RILIS

Playstation 4 akan dirilis di Jepang dan Amerika pada Natal tahun ini, dan Eropa pada awal tahun 2014. Bersamaan dengan console ini, Sony juga akan memperkenalkan sebuah ekstensi hardware yang dinamakan Playstation Eye, yang juga kompatibel dengan controller Playstation Move. Move akan tersedia pada saat rilisnya, tetapi masih belum jelas apakah ia akan diikutsertakan sebagai satu kesatuan hardware.

Ingat, semua informasi di atas hanya ada pada developer kit dan beberapa belum dipastikan kebenarannya. Kemungkinan perubahan sangatlah besar, tetapi mungkin melalui informasi di atas Anda sudah dapat membayangkan mengenai platform rilisan Sony ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s