Hal Penting Sebelum Berbisnis

Menjadi seorang pengusaha kini menjadi cita-cita banyak orang. Sebagai pengusaha, Anda harus siap menghadapi berbagai permasalahan dalam mengembangkan bisnis. Untuk menjadi pengusaha sukses, setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis sendiri seperti dilansir Ehow.com:

1. Kembangkan ide untuk produk atau layanan yang sifatnya praktis, dapat menarik minat banyak orang, meningkatkan kualitas hidup konsumen, serta konsisten dengan prinsip-prinsip etika bisnis. Pastikan juga bisnis yang Anda mulai ini sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, sehingga Anda akan selalu merasa bersemangat setiap kali bekerja.

2 .Buat perencanaan mendetail untuk setiap ide bisnis Anda seandainya ingin dipresentasikan kepada penanam modal potensial. Tapi seandainya pun modal bisnis milik Anda sendiri, Anda tetap harus punya perencanaan matang sebelum terjun ke bidang tersebut.

3. Selalu jaga hubungan baik, tidak hanya kepada konsumen, tapi juga kepada para pegawai serta para pemasok. Tunjukkan sikap saling menghormati untuk kelancaran bisnis Anda ke depannya.

4. Jalin hubungan kerja dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan bidang bisnis Anda. Misalnya, Anda ingin membuka sebuah butik, Anda juga sebaiknya punya kenalan di bidang media, seperti majalah, yang bisa jadi sarana promosi.

5.Simpan semua data seputar pemasukan dan pengeluaran Anda, sehingga nantinya Anda bisa menghitung secara pasti berapa laba atau rugi yang Anda terima.

6.Hanya berutang jika Anda bisa membayarnya. Sebagai seorang pengusaha yang bertanggung jawab, Anda harus bisa mengembalikan utang tepat pada waktunya.

7.Lakukan riset kecil-kecilan mengenai siapa target market Anda. Saat akan mengembangkan perencanaan pemasaran, jangan lupakan konsep 4P, yaitu Price (harga), Promotion (promosi), Produc (produk), dan Place (tempat). (as)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s