Microsoft Windows 9 Akan Mendarat Bulan April Tahun Depan [Rumor]

Windows 9 Rumor

Tidak sedikit orang yang setuju bahwa Windows 8 bukanlah salah satu produk terbaik dari Microsoft. Bahkan update terbaru yang mereka sajikan, 8.1, hanya berfungsi sebagai perbaikan dari ketidakoptimalan Windows 8.

Jika Anda belum sempat beralih sistem operasi teranyar Microsoft ini, Anda bisa menahan diri dulu. Saat ini perusahaan yang didirikan oleh Paul Allen dan Bill Gates tersebut sedang mengerjakan proyek baru yang dikenal dengan nama Threshold. Dan berdasarkan sang pengamat Windows, Paul Thurrott, proyek Threshold ini akan dirilis di bawah nama yang familiar di telinga kita semua: Windows 9. Rencananya, ia akan dirilis bulan April 2015.

Dengan munculnya berita ini, kita langsung bertanya-tanya fitur apa saja yang akan ada di Windows baru ini, mana yang akan diperbarui dan mana juga yang akan ‘dipangkas’? Berdasarkan sumber Thurrott – dan seperti update Windows 8.1 – menu Start akan kembali hadir, kemudian tampaknya Anda bisa menjalankan aplikasi bergaya Metro UI langsung dari desktop, bersama dengan aplikasi-aplikasi yang ada di sana.

Apapun strategi yang akan dilakukan Microsoft nanti, Threshold akan disajikan dengan cara yang berbeda. Microsoft mungkin tidak mau membeberkannya secara terperinci, namun nasib Windows 8 memang kurang beruntung. Bayangkan, update Windows 8.1 yang ditawarkan secara gratis hingga kini terhitung hanya digunakan kurang dari 25 juta unit PC di seluruh dunia. Angka ini tampak kecil jika kita bandingkan dengan jumlah pengguna Steam yang mencapai lebih dari 65 juta orang. (Saya sadar Steam sendiri bukanlah sistem operasi, tapi bayangkan siapa yang akan lebih banyak dipilih jika SteamOS terbukti lebih stabil dan lebih diandalkan saat dirilis nanti.)

Angka 25 juta tersebut merupakan ‘bencana’ bagi sang produsen sistem operasi nomor satu dunia ini. Kini terhitung lebih dari satu miliar PC tersebar di bumi – belum termasuk Mac dan tablet, 25 juta adalah jumlah yang sangat sedikit. Di tambah lagi, angka ini akan terus bertambah dari hari ke hari. Jika memang benar Windows 9 dirilis bulan April, maka Windows 8 adalah salah satu sistem operasi Microsoft yang memiliki umur terpendek. Saat ini saja ia masih berusia 14 bulan. Tapi tentu Microsoft akan bersikeras untuk terus memberi dukungan pada OS-OS lawas mereka.

Untuk sekarang, Microsoft masih merampungkan tahap-tahap perancangan final Windows 9. Pengembangannya sendiri diperkirakan akan dimulai setelah konferensi developer Build di bulan April 2014 besok. Dan sepertinya Microsoft akan menggunakan momen ini untuk batu loncatan dalam mengembangkan visi Windows 9 dengan mengumumkan rencana jangka panjang, menciptakan kegemparan dan membeberkan detail-detail lain.

Satu hal yang cukup menarik adalah bagaimana hubungan antara Windows 9 dan Windows 8 mengingatkan kita dengan apa yang terjadi pada Windows 7 dengan Vista. Analis menyebutnya sebagai ‘kutukan angka genap’, terdapat kurva naik turun pada tiap peluncuran versi baru Windows: Windows ME kurang bagus, Windows XP bagus, Windows Vista kurang bagus dan Windows 7 sangat baik.

Dan berdasarkan survei hardware dan software oleh Steam di bulan Desember 2013, penggunaan Windows 7 64 bit masih mendominasi lebih dari 50% penggunanya. Sebagai medium untuk multimedia dan ber-gaming, saya sendiri masih mengandalkan Windows 7 kecuali jika Microsoft memaksa dengan menodongkan senapan tabur atau saya mendapatkan notebook ber- Windows 8 secara gratis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s