Pemanfaatan Teknologi Komputer Di Masyarakat

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Manfaat Komputer
Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data, seperti :
Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Pemanfaatan Komputer dalam Beberapa Bidang
q Bidang Pendidikan
q Bidang Industri

q Bidang Ilmu dan Teknologi
q Bidang Pemerintahan
q Bidang Kedokteran
Bidang Pendidikan
Paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam proses belajar mengajar.
Adapun contoh pemanfaatan komputer dalam dunia pendidikan adalah :
Untuk membuat database, data siswa dan pegawai
Untuk administrasi surat menyurat
Untuk aplikasi perpustakaan elektronik
Untuk menyusun administrasi perlengkapan pengajar seperti :SILABUS, dan RPP
Sebagai media pembelajaran, guna menyampaikan materi pembelajaran, yaitu dengan membuat slide- slide menarik tentang materi pembelajaran
Menyusun anggaran dan belanja sekolah.
Akses internet untuk menunjang proses pembelajaran.

Bidang Industri
Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau dijalankan oleh manusia.

Bidang Ilmu dan Teknologi
Ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar computer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya hal ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir nuklir karena mengandung radiasi yang tinggi.
Ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul.
Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelajari keadaan tanah serta countour dari suatu daerah.

Bidang Pemerintahan
Baru-baru ini pemerintah juga mulai menerapkan sistem ICT(Information and Communication Technology) . Sistem informasi itu sendiri terdiri dari fungsi-fungsi input, proses, output, storage dan communication. Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerintah yang didalamnya terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan, tata usaha negara, pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan Sistem informasi dalam praktek pemerintahan.

Bidang Kedokteran
Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat. Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan penggunaan system CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973 untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh yang lainnya.
Contoh Pemanfaatan Komputer di Masyarakat
Mobil Pandai
Perpustakaan Elektronik
Pengendalian Lalu-lintas Udara
Pengolahan Data Cuaca
Video Game
Mobil Pandai
Misalnya pada tahun 1985, oldsmobile dari US telah menerapkan sistem kendali berbasis pengolah mikro pada produknya.
Pengolah mikro mendapatkan masukan data dari beberapa sumber, seperti :
Meter pompa injeksi (beban mesin)
Alternator (putaran mesin/menit)
Sistem pendinginan mesin
Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuanagan gas
Gigi transmisi
Perpustakaan Elektronik
Komputer pada saat ini sudah mampu menggantikan catalog dan berdaya tampung besar. Sistem basis data juga telah berkembang sehingga mampu untuk mengelola data dalam jumlha yang amat besar. Kemajuan dalam tekhnik pencarian kembali informasi telah memungkinkan dilakukan pencarian kembali informasi dalam waktu yang singkat.

Pengendalian Lalu-lintas Udara
Lalu-lintas udara merupakan lalu-lintas yang paling rawan dalam kehidupan manusia, pengendalian lalu-lintas udara sudah dilaksanakan secara modern, dilakukan dengan peralatan canggih berbasiskan komputer. Hal ini dilakukan karena kelalaian dalam pengendalian lalu-lintas udara akan berakibat fatal.

Pengolahan Data Cuaca
Data cuaca dikumpulkan dari ratusan atau bahkan ribuan stasiun stasiun pemantau di bumi dan di angkasa. Data ini disalurkan melalui saluran telekomunikasi internasional ke pusat pengolahan data cuaca. Untuk memembentuk model peraamalan cuaca lokal.

Video Game
Permainan ini cepat sekali mendapat pasaran dan terutama sekali di gemari oleh generasi muda. Berbagai jenis permainan yang belum pernah ada terwujud menjadi kenyataan. Para pendukung permainan ini menyatakan bahwa sifat permainan adalah mendidik dan meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan. Ada sementara pendapat yang mengatakan bahwa anak muda yang menyukai permaianan video mereka akan tertarik dengan komputer dan pemrogramman akan tetapi kenyataannya komputer pribadi lebih banyak digunakan untuk permainan.

*Peranan Komputer Dalam masyarakat
Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini :
Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
Isu Sosial
Isu sosial yang mengena meliputi lingkup pekerjaan, kesehatan, tanggung jawab, citra pribadi dan kepentingan nasional. Sejak pemunculannya yang pertama, komputer telah menimbulkan perasaan takut dan prihatin. Walaupun keakraban terhadap komputer meningkat akhir-akhir ini, gambaran yang wajar tentang peran komputer yang sesungguhnya yang ada di dalam berbagai bidang pekerjaan perlu untuk di masyarakatkan.
Dampak Positif
ž Komunikasi yang lebih baik.
ž Transportasi data yang cepat & aman.
ž Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat.
ž Efisiensi tenaga kerja
Dampak Negatif
ž Manusia tergantung dengan komputer.
ž Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
žHacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.
ž Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari :

1. Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.

2. Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.

3. Bidang Transportasi

Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer.

4. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan.

8. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.

9. Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II, Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

* Isu dan Masalah Teknologi
Definisi Teknologi
Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ = cara dan “logos” = pengetahuan. Teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera dan otak manusia. [Iskandar Alisyahbana –1980] Teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia” [Jaques Ellul 1967: 1967 xxv]Masalah – Masalah Sosial
Pandangan positif : keuntungan yang didapat lebih besar dari kerugiannya
_ Teknologi memberi keuntungan yang penting yaitu komunikasi yang lebih baik, berkurangnya resiko pekerjaan, transportasi menjadi lebih cepat, meningkatkan kemampuan produktivitas, dan pengurangan tenaga kerja.
Pandangan negatif ; ketergantungan manusia terhadap mesin/alat, efek negatif bagi fisik dan mental

Metode Menampilkan Isu dan Masalah
Banyak cara untuk menampilkan dan mendiskusikan masalah sosial yang timbul dari meningkatnya penggunaan komputer, diantaranya yaitu :
Satu metode ditentukan dengan ketegori yaitu mempelajari setiap area aplikasinya dan mengenali masalah yang penting.
mengajukan daftar permasalahan, mempelajari setiap aplikasi untuk mengetahui apakah terkait dengan setiap masalah.
Kedua pendekatan ini dapat dikombinasikan cara ke 1 dan 2 kemudian membuat diagram yang menggambarkan masalah sosial mana yang relevan untuk aplikasi-aplikasi tersebut.
Isu – Isu Populer dalam Perkembangan Teknologi pada Abad 21
Pelanggaran Hak Cipta Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Copyright’s Violation)
Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) pertama kali disahkan pada tahun 1981 oleh Mahkamah Agung Amerika setelah kasus Diamond Vs Diehr bergulir.
Hak paten atau hak cipta kekayaan intelektual sangat penting karena memberikan hak kepada perusahaan software tertentu untuk melindungi hasil karyanya dari pembajakan oleh perusahaan software lain sekaligus memberikan peluang bagi mereka untuk menjadikan software buatannya sebagai komoditas finansial yang dapat mendorong pertumbuhan industri.
Isu – Isu Populer dalam Perkembangan Teknologi pada Abad 21
Pelanggaran Hak Cipta Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Copyright’s Violation)
Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) pertama kali disahkan pada tahun 1981 oleh Mahkamah Agung Amerika setelah kasus Diamond Vs Diehr bergulir.
Hak paten atau hak cipta kekayaan intelektual sangat penting karena memberikan hak kepada perusahaan software tertentu untuk melindungi hasil karyanya dari pembajakan oleh perusahaan software lain sekaligus memberikan peluang bagi mereka untuk menjadikan software buatannya sebagai komoditas finansial yang dapat mendorong pertumbuhan industri.
Disebarluaskannya penggunaan floppy disk drive pada PC hingga alat yang saat ini populer yaitu CD-RW dan DVD-RW membuat kasus pembajakan software semakin marak di seluruh dunia
Isu Year Two Kilo Bug (Y2K Bug)
Isu ini muncul pada awal millenium dimana masyarakat ditakutkan oleh adanya Y2K bug yang akan mengacaukan sistem komputer di dunia teknologi informasi (IT) atau sistem informasi (IS) dan menyebabkan kehancuran ekonomi dan seluruh sistem di dunia.
Permasalahan ini semakin kompleks dan menghawatirkan dunia karena Y2K bug akan muncul di semua sistem komputer dan mesin yang menggunakan tanggal atau waktu karena di dalamnya terdapat chip terpasang (embedded chips) sehingga ia juga akan muncul pada bahasa pemrograman, sistem operasi, sistem sekuriti, sistem perbankan, sistem pemrosesan transaksi, sistem telepon, dan sebagainya.

Kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence)
Natural Language Processing
Merupakan bahasa pemrograman yang memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer sehingga pengguna tidak perlu mengetikkan bermacam key word untuk memberikan perintah tertentu.
Speech recognition
Merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan fitur bagi komputer untuk mengenali suara manusia sehingga hanya dengan menyebutkan kata kunci tertentu, komputer dapat langsung mengenali dan melakukan pekerjaan sesuai perintah yang diberikan oleh penggunanya.
Expert System
Keuntungan dari adanya program ini antara lain:
Dipakai untuk membantu para dokter ahli dalam mendiagnosa penyakit, dimana tidak semua informasi tentang penyakit dapat dihapal oleh dokter ahli yang bersangkutan
Membantu bidang dimana hanya sedikit orang yang ahli di bidang tersebut misalnya kanker payudara
Mampu menyimpan banyak informasi dan dapat digunakan sampai kapanpun, tidak mengenal usia.
Komputer Vision
Merupakan komputer cerdas yang dilengkapi dengan kamera yang dapat mengenali dan menganalisa gambar yang dilihatnya berdasarkan kecocokan dengan template yang telah di masukkan dalam otak komputer. Teknologi ini lebih dipakai untuk eksplorasi luar angkasa yaitu meneliti bentuk permukaan dan batuan planet yang sulit dilakukan oleh manusia.

Masalah HAKI
Pembajakan kaset, CD (baik dalam format aslinya ataupun dalam format MP3 dimana dalam satu CD dapat diisi dengan ratusan lagu), VCD, buku, dan sotfware marak dilakukan di seluruh dunia, meski yang menjadi sorotan adalah Asia (temasuk Indonesia di dalamnya). Teknologi untuk memproteksi seperti watermarking, dongle, enkripsi, dan sebagainya dicoba dikembangkan. Akan tetapi nampaknya pihak yang melakukan proteksi kalah langkah dengan pihak pembuka (code breakers).
Sudut lain dari masalah HaKI adalah adanya kelompok yang tidak setuju dengan proteksi yang berlebihan sehingga mencoba mengambil pendekatan lain seperti dengan menggunakan jalan public domain, copyleft, GNU Public License (GPL), dan sejenisnya. Cara ini tidak memecahkan masalah yang ada, akan tetapi mencoba melihat permasalahan dari sudut pandang yang lain. (Jika sudah public domain, maka tidak ada masalah pencurian.)

Masalah Nama Domain Internet
Masalah nama domain ini cukup pelik dikarenakan di dunia ini ada beberapa pengelola nama domain yang independen. Ada lebih dari dua ratus pengelola domain yang berbasis teritory (yang sering disebut sebagai Country Code Top Level Domain atau ccTLD). Sebagai contoh saya mengelola domain untuk Indonesia (.ID). Bolehkah seseorang mendaftarkan nama domain yang sebetulnya ditrademarkkan di negara lain? Darimana pengelola domain tahu bahwa nama tersebut merupakan trademark yang terdaftar di negara lain?.

Masalah Perizinan
Telekomunikasi di Indonesia masih dimonopoli. Pelanggaran monopoli ini melalui teknologi sudah terjadi melalui penyediaan jasa Voice over IP (VoIP) oleh beberapa orang dan perusahaan. Bahkan, sudah ada kasus penangkapan orang yang menyediakan jasa VoIP. (Dalam pemberitaan surat kabar bahkan disebutkan bahwa orang yang memberikan layanan VoIP tersebut seolah-olah mencuri pulsa PT Telkom.) Layanan VoIP pada prinsipnya adalah mengubah suara (voice) menjadi data dan mengirimkan data ini melalui saluran Internet. Penyedia layanan VoIP berargumentasi bahwa yang dia salurkan adalah data bukan voice oleh sebab itu dia tidak melanggar monopoli Telkom dan Indosat. Pihak pemerintah merasa bahwa yang dikirimkan asalnya berupa voice sehingga sebetulnya merupakan layanan suara (voice) juga. Ini merupakan contoh bahwa teknologi mengubah segalanya. Dalam waktu dekat, tidak hanya voice saja yang dapat dikirimkan dengan real-time akan tetapi juga gambar. Maka akan terjadi Multimedia over IP.

Masalah Privacy
Di Indonesia masalah privacy masih belum menjadi masalah yang besar. Di luar negeri, masalah privacy ini menjadi perhatian utama. Seringkali kita mengisi formulir yang menanyakan data-data pribadi (nama, alamat, tempat tanggal lahir, agama, status, dan sebagainya) tanpa informasi yang jelas mengenai penggunaan data-data ini.

Masalah Keamanan
Kejahatan yang ditimbulkan dengan teknologi komputer dan telekomunikasi perlu diantisipasi. Istilah hacker , cracker, cybercrime mulai sering didengar. Kejahatan yang menyangkut orang Indonesia juga sudah terjadi. Baru-baru ini seorang cracker Indonesia ditangkap di Singapura dan diadili di sana. Ada lagi fraud yang dilakukan oleh pengguna Internet Indonesia dengan tidak mengirimkan barang atau uang yang sudah disepakati dalam transaksi e-commerce.
Kejahatan cyber umunya dapat disusuri (trace) dengan bantuan catatan (logfile) yang ada di server ISP yang digunakan oleh cracker. Akan tetapi seringkali ISP tidak melakukan pencatatan (logging) atau hanya menyimpan log dalam kurun waktu yang singkat (dikarenakan besarnya jumlah data yang harus dicatat). Logfile ini sebetulnya dapat menjadi bukti adanya akses cracker tersebut. Namun logfile ini (jika ada) belum tentu dapat menjadi bukti yang sah di pengadilan.

Opini Publik
Dari survey publik hasilnya adalah :
Hingga akhir Th1950an komputer obyek dikagumi, digambarkan tantangan kekuatan manusia pada pekerjaan, kemungkinan kehilangan pekerjaan, mengancam kemampuan manusia dalam menyelesaikan masalah, dan kebebasan individu.
tahun 1963;
fakta bahwa hanya orang terdidiklah yang dapat menggunakan komputer,
komputer sebagai alat bertujuan menyelesaikan masalah numerik seperti aplikasi bisnis; pembayan gaji dan akunting, bidang luar angkasa, riset sains, dan masalah pertahanan.
Publik cenderung percaya bahwa alat yang hebat, selalu memberikan hasil yang benar.
Publik tidak tahu bahwa komputer harus diprogram dan dimonitor
Publik merasa ancaman terhadap keberadaan manusia timbul dari pandangan bahwa komputer powerfull tapi tidak mengasosiasikan ancaman ini dengan hilangnya pekerjaan.
Tahun 1971 Time magazine dan AFIPS melakukan survey untuk menentukan perilaku publik terhadap komputer. Dari survey ini ada observasi yang dikemukakan; september 1983 Lou harris melakukan study untuk southern new england telephone ,”the road after 1984” yaitu pengaruh teknologi terhadap masyarakat. Survey ini mengemukakan opini publik;

Pengaruh Perubahan Teknologi
Fobia ; rasa takut dan menghindari prospek lingkungan yang berbeda (cyberfobia/ computer fobia) All-consuming ; menimbulkan terasing dari lingkungan/ rekan kerja, perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
Penggunaan Internet
Dampak Positif:
Internet sebagai media komunikasi, fungsi internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan web dengan cepat dan murah.
Media untuk mencari informasi atau data.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
Dampak negatif
terbukanya akses negatif ; Pornografi
Violence and Gore ; informasi yang terkait dengan kekejaman dan kesadisan
Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
Perkembangan dimensi kenjahatan baru ; cyber crime – data didling, penipuan, carding, perjudian.
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung -> perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
“Kecanduan “ komputer ; internet , game

sumber : http://moestahid.blogspot.com/2012/03/pemanfaatan-teknologi-komputer-di.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s