Selepas makan di warung makan atau restoran cepat saji, tak lengkap rasanya bila tidak minuman dingin plus es batu. Nikmat memang, tapi apakah Anda yakin bila es batu yang dicampurkan di dalam minuman Anda itu bersih? Kenyataannya, dalam sebuah penelitian terungkap mayoritas es batu mengandung lebih banyak kuman ketimbang air toilet. Iiiihhh…

Sebagai gambaran, Anda tentu ragu-ragu dan tak nyaman ketika harus menggunakan air yang berada dalam kamar mandi umum bukan? Hal itu karena Anda tidak yakin dan tidak bisa menjadi kebersihan air di dalam toilet tersebut. Nah, pernahkah Anda berfikir dari mana asal air yang dibekukan menjadi es batu di restiran siap saji? Yup, sebagian besar berasal dari air mentah.

Maka, buang jauh-jauh pikiran bila es batu di restoran siap saji itu aman untuk dikonsumsi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan seorang anak perempuan berusia 12 tahun, Jasmine Roberts mengungkapkan, 70 persen es batu restoran siap saji memiliki lebih banyak kuman dibanding air toilet. Berkat penelitian itu, ia berhasil mendapatan penghargaan proyek sekolah menengah.

Dalam penelitian itu,

Jasmine mengambil sampel es batu dan air toilet dari lima restoran siap saji yang berada di wilayah Florida Selatan, Amerika Serikat. Lalu ia mengecek bakteri dari contoh es batu dan air toilet di University of South Florida.

Hasilnya, dalam es tersebut ditemukan bakteri E.coli yang biasanya terdapat dari sisa air pembuangan yang menyebabkan timbulnya beberapa jenis penyakit.

“Bakteri ini seharusnya tak berada di dalam es batu. Jasmine membantu kita memperingatkan adanya bahaya kesehatan yang bisa disebabkan oleh es batu ini,” ungkap Dr. David Katz komtributor masalah kesehatan ‘Good Morning Amerika’.

Tetapi, Jasmine dan Dr. David sepakat bila es batu dari restoran siap saji lebih kotor dari air toilet karna beberapa faktor. Saat mengambil es batu, orang menggunakan tangan –tanpa memperhatikan kebersihan– untuk mengambil es batu. Sedangkan air toilet dinilai lebih bersin karena berasal dari sumber air yang telah melalui proses penyaringan.

Bisa dibayangkan, kuman-kuman yang terkandung dalam es batu ikut mencair di dalam minuman yang Anda minum. Kuman-kuman itu pun masuk ke dalam tubuh yang tentu bisa mengganggu kesehatan. So, solusinya Anda bisa memesan minuman dingin tanpa es sehingga bisa meminimalisir masuknya bakteri ke dalam tubuh.

sumber : http://jaringnews.com/hidup-sehat/umum/6835/es-batu-lebih-kotor-ketimbang-air-toilet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s