Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Manusia setidaknya menghabiskan sepertiga dari waktu pada masa hidupnya untuk tidur dan minimal manusia tidur 6 – 8 jam/hari. Insomnia atau yang sering disebut dengan susah tidur merupakan suatu gejala kelainan pada saat waktu tidur yang berupa kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun mempunyai kesempatan untuk itu. Gejala insomnia atau susah tidur biasanya diikuti dengan gangguan fungsional pada saat bangun.

Insomnia bukanlah salah satu jenis penyakit, melainkan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebabnya, seperti kelainan emosional, kelainan pada fisik, dan pemakaian pada jenis obat-obatan. Insomnia sering terjadi, baik itu pada usia muda maupun usia lanjut dan juga sering timbul pada saat  bersamaan dengan adanya gangguan emosional, seperti kecemasan, stres, depresi, kegelisahan, atau ketakutan akan suatu hal. Terkadang seseorang tersebut sulit tidur tidak hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Ada beberapa cara yang merupakan cara instan untuk Anda lakukan tetapi cara ini tidak sangat dianjurkan. Dengan menggunakan obat-obatan yang berfungsi untuk merangsang tidur. Namun, cara seperti mengkonsumsi obat-obatan kimia tentu akan menimbulkan efek samping dan efek obat tidurnya pun hanya dalam jangka waktu pendek. Terlalu sering mengkonsumsi obat yang merangsang tidur juga dapat membuat ketergantungan. Untuk itu, berikut cara mengatasi insomnia selain menggunakan obat tidur.

Cara Mengatasi Insomnia

Hindari cahaya pada saat tidur

Mengatasi insomnia dengan menghindari cahaya pada saat tidur
      Cahaya juga mempengaruhi proses produksi hormon melatonin. Cahaya terang dapat menghambat proses produksi hormon melatonin tersebut dan pada akhirnya Anda akan susah untuk tidur. Alangkah baiknya Anda mematikan sumber cahaya seperti TV, komputer, lampu kamar tidur, atau yang lainnya sebelum Anda tidur. Untuk sumber cahaya yang tidak dapat dimatikan, Anda dapat menggunakan kain gelap untuk menutupinya.

Olahraga secara teratur

Mengatasi insomnia dengan olahraga secara teratur
Ilustrasi (c) Soniawelch
      Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara mengatasi insomnia yang terbaik dan selain itu dapat membuat tubuh Anda lebih sehat. Energi yang didapatkan setelah melakukan olahraga dapat membuat tubuh tetap terjaga. Beri jarak antara selesai berolahraga dengan waktu Anda tidur antara 3-4 jam. Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti yoga

Jangan merokok

Mengatasi insomnia dengan jangan merokok
      Nikotin dan kafein sama halnya merupakan stimulan. Nikotin pada rokok dapat membuat tubuh semakin terjaga dan akhirnya keinginan untuk tidur pun susah untuk dilakukan. Alangkah baiknya mulai dari sekarang untuk berhenti merokok dan menerapkan hidup sehat yang akhirnya pun Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Mandi air hangat

Mengatasi insomnia dengan mandi air hangat
      Mandi menggunakan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Apabila lelah bekerja seharian, mandilah dengan air hangat untuk mengatasi otot-otot yang tegang, sehingga dapat lebih mudah untuk tidur nyenyak.

Tidak mengkonsumsi kafein

Mengatasi insomnia dengan tidak mengkonsumsi kafein
      Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa kandungan nikotin pada rokok sama halnya dengan kafein yang dapat membuat tubuh semakin terjaga. Urungkan niat Anda untuk mengkonsumsi kafein apabila Anda ingin tidak mengalami kesulitan dalam tidur pada malam hari.

Buat suasana kamar lebih nyaman

Mengatasi insomnia dengan buat suasana kamar lebih nyaman
      Dengan suasana kamar yang nyaman dan tentunya bersih dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak. Sebelum Anda tidur, usahakan buatlah suasana kamar yang nyaman dengan menyisihkan barang yang dianggap tidak penting pada kamar.

Hindari melihat ke arah jam

Mengatasi insomnia dengan menghindari melihat ke arah jam
      Hal ini untuk mencegah tidur Anda tersiksa apabila Anda terus-menerus melihat jam yang akhirnya menyebabkan Anda khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari esok dimulai. Untuk itu, tempatkan jam ke arah yang bertentangan dengan jarak pandang tidur Anda.

Menetralisir suara

Mengatasi insomnia dengan menetralisir suara
      Suara kendaraan, tetesan keran, anjing menggonggong, atau yang lainnya dapat menghilangkan sebagian besar waktu tidur Anda. Untuk itu, buatlah sebuah suara yang teratur dan tenang, seperti suara dari kipas angin, AC, atau suara yang lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sumbat telinga atau ear plugs.

Buat pikiran Anda menjadi rileks

Mengatasi insomnia dengan buat pikiran menjadi rileks
      Redakan emosi atau pikiran lainnya yang menggangu sekitar 1 jam sebelum waktu Abda tidur. Lakukan aktivias ringan, seperti, mendengarkan musik atau yang lainnya yang dapat menenangkan pikiran.

Tempatkan leher pada posisi netral

Mengatasi insomnia dengan tempatkan leher pada posisi netral
      Apabila Anda terbangun dengan leher kaku, salahkan bantal yang Anda gunakan. Anda menggunakan bantal yang sangat tebal atau yang sangat tipis. Bantal sebaiknya berukuran tepat untuk mendukung posisi leher Anda dalam posisi yang netral. Hindari posisi tidur telungkup, hal ini karena justru akan melilit leher Anda.

Atur jadwal tidur

Mengatasi insomnia dengan mengatur jadwal tidur
      Aturlah jadwal tidur dan bangun di setiap harinya. Dengan melakukan cara ini secara rutin dapat membuat tubuh dan juga otak Anda tetap pada waktu tidur dan bangun pada waktunya. Sehingga Anda dapat tertidur dengan nyenyak sepanjang malam. Pada saat Anda bangun tidur, usahakan cahaya terang selama 5-30 menit. Cahaya merupakan salah satu regulator terkuat untuk membangunkan tidur.

Membaca buku

Mengatasi insomnia dengan membaca buku
      Bacalah sebuah buku yang menurut Anda membosankan, sehingga Anda akan cepat lelah dan langsung tidur. Cara mengatasi insomnia dengan membaca buku merupakan salah satu cara yang tidak dianjurkan selain menggunakan obat tidur dan cara ini hanya khusus untuk bagi yang mengalami insomnia akut. Hal ini karena tidur yang berkualitas merupakan tidur pada saat berada dalam kondisi tubuh yang rileks dan bukan karena lelah seperti membaca buku yang membosankan tersebut.

Itulah cara mengatasi insomnia yang dapat Anda lakukan untuk dapat tidur nyenyak. Usahakan jangan menggunakan cara membaca buku dan menggunakan obat tidur, itu sangat tidak dianjurkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s